Kamis, 22 Maret 2012

Latar Belakang BEC TF di Kabupaten Wonosobo

  Secara pelaksanaan, Kabupaten Wonosobo telah melaksanakan Program BEC-TF ini dalam medio dua tahun yaitu Tahun 2010 dan Tahun 2011. Dalam pelaksanaannya terdapat banyak keberhasilan namun juga banyak kendala yang selalu berusaha dicari solusinya bersama dengan CPIU, DPIU, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan Nasional, World Bank, dan stake holder terkait lainnya baik di tingkat pusat, provinsi , maupun kabupaten.
Ada 50 kabupaten /kota termasuk Kabupaten Wonosobo yang mendapatkan dana hibah ini berdasarkan hasil survei lembaga independen yang ditugaskan oleh World Bank beberapa waktu yang lalu.Nilai detil dari hasil LGCA ini adalah sebagai berikut:

Tabel 1
Indeks Tata Kelola Pendidikan

Nilai
Peringkat
Nilai Kesuluruhan (Indeks Tata Kelola Pendidikan)
47.65%
20
dari 50 daerah
Bidang Strategis:



1
Transparansi dan Akuntabilitas
44.05%
25
dari 50 daerah
2
Standard Pelayanan Pendidikan
37.36%
40
dari 50 daerah
3
Sistem Pengendalian Manajemen
76.39%
9
dari 50 daerah
4
Sistem Manajemen Informasi
41.30%
18
dari 50 daerah
5
Pengendalian Sumberdaya yang Efisien
39.17%
27
dari 50 daerah

      Dari tabel di atas terlihat bahwa bidang strategis pendidikan pada bagian  transparansi dan akuntabilitas , Kabupaten Wonosobo mendapatkan nilai 44,05%. bidang strategis pendidikan pada bagian  Stándar Pelayanan Pendidikan mendapatkan nilai 37,36% dan merupakan bagian terendah dari beberapa indikator yang dinilai. Bidang strategis pendidikan pada bagian  Sistem Pengendalian Manajemen mendapatkan nilai 76,39%. Bidang strategis pendidikan pada bagian Sistem Manajemen Informasi 41,30% sedangkan bidang strategis pendidikan pada bagian  Pengendalian Sumber Daya Yang Efisien mendapatkan nilai 39,17%. Total keseluruhan Kabupaten Wonosobo mendapatkan nilai 47,65% dan masuk kategori kuning.
Kondisi ini menyebabkan perlunya Kabupaten Wonosobo me-review kembali terhadap apa yang telah dilakukan selama ini di dalam melaksanakan pembangunan bidang pendidikan sehingga kekuatan yang ada dapat dipertahankan dan ditingkatkan sedangkan kelemahan dapat segera diperbaiki dan berubah menjadi kekuatan. Disinilah peran dana hibah BEC-TF untuk membantu Kabupaten Wonosobo meningkatkan kapasitas SDM di tingkat pendidikan dasar agar supaya pembangunan pendidikan dapat lebih fokus, efektif , dan efisien sesuai dengan perencanaan yang telah digariskan oleh Pemerintah Pusat di Bidang Pendidikan. Kabupaten Wonosobo dalam hal ini mendapatkan dana hibah total 2,5 milyar yang terbagi dalam termin tiga tahun yang dipergunakan untuk pengembangan kapasitas pendidikan dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar